Jumat, 10 Oktober 2014

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Minyak Zaitun - Minyak zaitun atau Olive oil merupakan minyak yang didapatkan dari hasil perasan buah zaitun dan mempunyai manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Sebenarnya ada beberapa jenis minyak zaitun, setidaknya dipasaran saat ini ada 3 jenis yakni minyak zaitun biasa, virgin, dan extra virgin. Dari ketiga jenis tersebut dapat dibedakan menurut proses pengolahan dan juga kualitas buah zaitun yang digunakan. Beberapa kandungan yang telah ditemukan dalam minyak zaitun yakni vitamin (A, B1, B2, C, D, E, K) dan juga berbagai macam mineral seperti, zat besi, kalsium, potasium dan juga sodium.

Manfaat Minyak Zaitun

Manfaat Minyak Zaitun


Minyak zaitun mengandung Omega 9 atau asam oleat mencapai 80%, dimana asam oleat merupakan jenis lemak tak jenuh. Sehingga salah satu manfaat minyak zaitun untuk kesehatan yakni menurunkan kolesterol jahat atau LDL dan meningkatkan kolesterol baik atau HDL. Lalu apa saja manfaat lainnya dari minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan? Berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Menjaga kesehatan jantung
Kandungan antioksidan nabati dan juga lemak tak jenuh secara tidak langsung dapat menjaga kesehatan jantung anda. Anda hanya cukup mengkonsumsi minyak zaitun sebanyak dua sendok perharinya untuk mendapatkan manfaat ini.

2. Meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL
Kadar kolesterol jahat yang tinggi dapat memicu berbagai penyakit mematikan seperti serangan jantung dan stroke. Nah untuk mengatasinya anda dapat mengkonsumsi minyak zaitun karena dalam minyak ini terkandung lemak tak jenuh yang bermanfaat untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

3. Menurunkan berat badan berlebih
Berat badan berlebih dapat diatasi dengan mengkonsumsi minyak zaitun setidaknya 1-2 sendok makan setiap harinya. Anda dapat mengkonsumsinya 2 jam sebelum makan.

4. Mencegah kanker
Polyphenol merupakan antioksidan yang terdapat dalam minyak zaitun ekstra virgin, dimana kandungan tersebut mampu mengurangi kerusakan sel yang dapat memicu terjadinya kanker.

5. Mencegah Osteoporosis
Salah satu manfaat minyak zaitun yakni untuk membantu penyerapan kalsium, sehingga dapat mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis.

6. Mengatasi rambut rontok
Minyak zaitun mampu menekan hormon DTH penyebab rambut rontok, sehingga dapat mengatasi kerontokan rambut. Untuk mendapatkan manfaat ini anda cukup mencampurkan 2 sendok makan minyak zaitun dengan 1 sendok makan minyak kelapa, setelah itu membalurkannya pada rambut dan kulit kepala anda.

7. Menyuburkan rambut
Jika anda ingin rambut yang lebat dan sehat, anda dapat mencampurkan 4-5 tetes minyak zaitun saat anda keramas. Berbagai kandungan nutrisi dalam minyak zaitun terbukti mampu menyuburkan rambut anda.

8. Mengatasi bibir kering dan pecah-pecah
Selain menggunakan madu, anda juga dapat menggunakan minyak zaitun untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Caranya cukup mengoleskannya langsung pada bibir anda.

9. Sebagai Scrub alami
Sel-sel kulit mati di kulit dapat diatasi dengan scrub yang terbuat dari campuran minyak zaitun dan garam. Selain itu minyak zaitun juga dapat melembabkan kulit wajah.

Demikian beberapa manfaat minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan. Pastikan anda tidak menggunakan minyak ini untuk menggoreng karena kandungan didalamnya akan rusak dan dapat meningkatkan kolesterol jahat. Semoga informasi kali ini bermanfaat ya, sekian dan terimakasih.