Sabtu, 11 Oktober 2014

Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Sirih - Didalam daun sirih terdapat berbagai kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan, baik kesehatan pria maupun wanita. Nah kali ini kita akan membahas seputar manfaat daun sirih tersebut. Saya yakin hampir setiap orang mengetahui seperti apa itu tanaman daun sirih. Tanaman ini merupakan tanaman asli Indonesia dan mempunyai beberapa jenis, antara lain yakni daun sirih hijau, merah, dan hitam. Daun sirih sudah terbukti dapat mengatasi masalah yang terkait dengan kesehatan, bahkan daun ini juga mempunyai manfaat untuk kecantikan wajah.

Beberapa kandungan yang terdapat dalam daun sirih yakni antara lain alkaloid, kandungan ekstragol, ekstragol, kandungan cineole, allylprokatekol, fenil propoda, eugenol, minyak astsiri dan masih banyak lagi.

Manfaat Daun Sirih

Manfaat Daun Sirih


Pada jaman dulu daun sirih sering digunakan oleh nenek-nenek sebagai campuran untuk menjaga kesehatan gigi, biasanya dikunyah bersama dengan bahan lainnya seperti gambir, kapur, dan pinang. Nah saat ini sendiri juga sudah banyak produk kesehatan yang memakai bahan alami ini. Jika anda belum mengetahui apa saja manfaat daun sirih langsung saja baca informasi selengkapnya dibawah ini.

Manfaat Daun Sirih :
  1. Mengobati Batuk
  2. Mengobati Sariawan
  3. Mengobati Bronchitis
  4. Mengobati Jerawat
  5. Mengobati Keputihan
  6. Mengobati Sakit gigi karena berlubang
  7. Mengobati Demam berdarah
  8. Mengobati Asma
  9. Mengobati Radang tenggorokan
  10. Mengobati Gusi bengkak
  11. Membersihkan Mata
  12. Mengatasi Bau Ketiak/Badan
  13. Mengatasi datang bulan tidak teratur
  14. Mengatasi Bau mulut

Beberapa Cara Penggunaan Daun Sirih :

1. Mengobati keputihan pada wanita, caranya yakni dengan merebus 7-10 daun sirih merah kedalam dua setengah liter lair. Setelah itu gunakan untuk membasuh daerah kewanitaan anda, namun pastikan air rebusan sudah dingin terlebih dulu.

2. Mengobati sariawan, caranya yakni dengan menguyah daun sirih atau bisa juga dengan merebusnya terlebih dulu, setelah itu gunakan airnya untuk berkumur.

3. Mengatasi bau mulut, caranya yakni kunyah daun sirih yang sudah dicuci bersih selama beberapa menit saja. Selain itu anda juga dapat merebus 5-6 lembar daun sirih kedalam 2 gelas air, setelah air sudah dingin gunakan untuk berkumur.

4. Mengobati mimisan, mimisan atau keluarnya darah dalam hidung dapat diatasi dengan daun sirih, caranya yakni dengan menggulung satu lembar daun sirih yang masih muda kemudian gunakan untuk menyumbat hidung yang berdarah.

Demikian sedikit informasi tentang manfaat daun sirih untuk kesehatan yang dapat saya berikan kali ini. Saya minta maaf apabila informasinya kurang lengkap dan kurang detail. Jika cara penggunaan daun sirih untuk mengobati penyakit diatas kurang lengkap, anda dapat mencarinya disumber lainnya. Terimakasih telah berkunjung dan membaca informasi tentang manfaat daun sirih ini.